Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog
Sakit Mata Menahun

Bahaya Kelenjar Tiroid Dan Cara Menyembuhkanya

Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk kupu-kupu, berlokasi di bagian tengah leher dan berfungsi dalam proses metabolisme. Banyak orang yang mengalami gangguan tiroid tidak menyadarinya dalam beberapa bulan, padahal tubuh sudah mengeluarkan tanda-tanda jika terdapat gangguan pada tiroid.

Saat tiroid Anda tidak berfungsi dengan baik maka hasilnya akan terlihat di tubuh Anda. Jika tidak didagnosa dengan baik makan tiroid dapat menyebabkan permasalah kesehatan seperti peningkatan berat badan, kecemasan, kerontokan rambut, nyeri otot, disfungsi seksual, depresi dan infertilitas.

Gejala Penyakit Tiroid

1. Pembengkakan daerah leher
Pembengkakan atau pembesaran daerah leher dapat merupakan tanda dari ganguan tiroid, kanker tiroid atau nodul yang tumbuh disekitar tiroid.

2. Peningkatan atau penurunan berat badan
Peningkatan atau penurunan berat badan yang tiba-tiba merupakan gejala umum kelainan tiroid yang paling khas. Jika Anda mengalami peningkatan berat badan tiba-tiba maka kemungkinan Anda mengalami hipotiroidisme (penurunan kadar hormon tiroid), sedangkan peningkatan berat badan tiba-tiba dapat merupakan tanda terjadinya hipertiroidisme (peningkatan kadar hormon tiroid).

3. Rambut rontok
Tiba-tiba Anda mengalami kerontokan rambut? Mungkin saja ini merupakan tanda tiroid Anda tidak berfungsi dengan baik. Baik hipertiroidisme maupun hipotiroidisme, keduanya dapat menyebabkan kerontokan rambut.

4. Perubahan mood
Perubahan mood dan tingkat energi merupakan tanda lain dari gangguan titoid. Hipotiroidisme dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan, depresi dan pegal-pegal, sedangkan hipertiroidisme menyebabkan Anda tidak dapat beristirahat, kesulitan tidur dan sensitif.

5. Masalah kulit
Kulit kering, kuku rapuh, kesemutan pada tangan dan kulit yang merah membengkak juga merupakan gejala tiroid.

6. Kedinginan atau kepanasan
Ketidakseimbangan hormon tiroid dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur suhu tubuh. Terkadang Anda merasa sangat kepanasan, terkadang Anda menggigil kedinginan. Hipotiroidisme menyebabkan Anda merasa dingin dan hipertiroidisme menyebabkan Anda berkeringat.

7. Masalah pencernaan
Konsipasi yang lama sering diasosiasikan dengan hipotiroidisme, sementara diare atau iritable bowel syndrom sering diasosiasikan dengan hipertiroidisme.

8. Gangguan menstruasi
Nyeri perut yang parah saat menstruasi sering dihubungkan dengan hipotiroidisme, dan pada hipertiroidisme sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika masalah tiroid ini tidak segera didiagnosa maka dapat menyebabkan infertilitas.

9. Kelelahan
Apakah Anda masih merasa lelah walaupun sudah tidur selama 7-8 jam perhari? Kelelahan dan rasa tidak pernah beristirahat ini bisa merupakan tanda ketidakseimbangan hormon tiroid.

10. Nyeri otot dan nyeri sendi
Nyeri di tulang, nyeri di otot, carpal tunnel syndrome merupakan tanda adanya ketidakseimbangan hormon tiroid.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Sponsor by:

 

Partager cet article
Repost0
Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :
Commenter cet article